Hargaaaa

           Seorang temen baru2 ini nanya ke gua..gimana imbas kenaikan harga bahan baku yg tampaknya gila2 an gini. Heheheh yah begitulah...imbasnya jelas sangat gede yah...ampun dah...tadinya harga produksi sekian rupiah bisa naik 1,5 - 2 kali lipat. Tapi sebenernya naik turun harga bahan baku sih bukan hal yang aneh ,itu terjadi setiap hari setiap minggu, menjelang puasa, menjelang lebaran, menjelang natal,dll tapi menurut pengalaman gua ntar harganya bakal turun lagi. Jadi  ga usah begitu takut dengan kenaikan itu. Tapi akhir-akhir ini terjadi keanehan harga yang diperkirakan bakal turun tapi malah tidak beranjak turun..nah ini nih baru yang buat pusing 7 keliling.
            Temen gua ini terus bertanya lagi jadi untuk mengatasi masalah ini, lu melakukan apa? Menakkan harga?Mengurangi bahan baku? Mengurangi porsi? Hmmmmm......Opsi mengurangi bahan baku atau mengurangi porsi bukanlah ide yang bagus menurut gua.  Jadi yang gua lakukan sekarang adalah pasrah menunggu harga turun sambil mensiasati dikit2...contoh : kalo harga tomat mahal jangan jadiin tomat sebagi hiasan atau garnish. Cari garnish yang lain. Sementara menunggu gua mencoba berhitung lagi kalau kalau harga emang ga turun lagi....jadi begitu tampak harga ga bakalan turun guabudah siap naikin harga.
             Menaikan harga adalah masalah mudah tinggal ganti daftar menu, tapi sebenernya ga semudah itu, kita harus menghadapi pelanggan yang kemungkinan besar bakal mempertanyakan kenaikan harga.....hehehe yah wajar juga mereka bertanya sih biasa beli 10 ribu sekarang koq jadi 12 ribu . Yah inilah resiko menaikan harga kita harus menjelaskan ke tamu2 kita ke pelanggan2 kita. Hmmmm lumayan sulit tapi yah ini harus dilakukan biar kita bisa bertahan di bisnis ini.
             Jadi sekarang yang gua kerjakan adalah nongkrong di pasar  sesering mungkin , biar bisa update info harga  bahan baku. Menurut pengalaman gua  kalo dari televisi dan koran kadang kurang akurat. Hmmm dan  sepertinya gua bakal menaikan harga sebagian menu gua...semoga para tamu2 gua bisa mengerti.
          

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Asik di Bandung : TAMAN LANSIA

Sepenggal Cerita di Balik Koil Akustik Recital

Keajaiban