Tempat Asik di Bandung : TAMAN LANSIA

Hi….selamat berjumpa kembali…kali ini saya pengen cerita tentang sebuah tempat favorit saya di kota Bandung.

Kota Bandung sering dikenal dengan nama Paris Van Java, kenapa disebut itu sebenernya saya juga ga tau tuh. Ada yang bilang karena keindahan kotanya seperti kota Paris, ada juga yang bilang karena wanita-wanitanya cantik, tapi ada juga yang bilang karena wanitanya tapi dihubungkan dengan prostitusi hahahahaha.... Ga jelass.... Dan ga penting juga lah hihihihihi.

Tapi emang sih kalo kita liat foto-foto bandung tempo doeloe, tampaknya Bandung adalah sebuah kota yang indah, rumah dan jalan yang tertata rapih, kemudian taman-taman kota yang bagus....... Hmmm tapi itu yang kliatan di foto yah hehehehe.... Oya nyambung yang di atas tadi, ada satu tempat favorit gua yang juga merupakan sisa keindahan Bandung tempo doeloe yaitu Taman Lansia.

Taman Lansia itu adalah singkatan dari Taman Lanjut Usia, kenapa dinamain ini saya juga ga tau pasti. Tapi kemungkinan besar karena kalo di pagi hari emang banyak orang tua berolahraga pagi di sini. Jadi di dalam taman itu ada semacem trek untuk jalan kaki mengelilingi taman.

Pertama kali mendengar nama taman itu sungguh tidaklah menarik hehehehe.. Ya iyalah sebuah taman yang dipenuhi orang-orang tua tampak bukan sesuatu yang menyenangkan untuk dikunjungi. Tapi sekarang pendapat itu berubah 180 derajat, hehehehe…..

Jadi awal kisahnya berawal dari peringatan dokter kepada saya, yaitu saya harus berolahraga..... Hehehehe.... Siyallll...... Emang sih gua tiap hari bekerja di dapur, berdiri terus, bergerak juga tapi menurut sang dokter itu bukanlah kegiatan olahraga. Waduhhhh....... Maka terpaksalah saya harus memaksa diri untuk berolahraga. Maka mulai dipikirkanlah jenis olahraga apa yang mau dipilih yah..... Hmmmm sebagai langkah awal yang bakal saya kerjakan adalah berenang dan jalan kaki. Jalan kaki dipilih karena cuma modal sepatu olahraga doang... Hehehe murah dan konon sangat bermanfaaat. Maka dimulailah olahraga jalan di pagi hari. Awal-awal nyoba jalannya sekitar rumah hmmm treknya kurang menarik. Terus pernah nyoba juga di lapangan yang ada trek larinya kayak Sabuga, Gasibu atau Saparua, hmmm tapi koq tampak membosankan yah. Sampe akhirnya di suatu pagi gua tiba-tiba pengen mencoba jalan bersama orang-orang tua hahahahaha... Yaitu di Taman Lansia.

Oh my god..... Ternyata istilah Taman Lansia itu hanyalah nama doang, isinya mah macem-macem yah segala umur. Dan yang bikin gua bengong itu orang-orang tua itu koq kuat-kuat yah jalannya... Hihihihihihi gua mah ga ada apa-apanya dibanding mereka. Jadi malu sendiri.... Selama ini yang ada di otak gua adalah taman yang penuh orang yang jalan dipapah, terbungkuk-bungkuk. Ternyata salah besar hihihihihi. Haduh maaafkannnnnnnnn…

Nah setelah gua menjajal jalan pagi di taman ini, saya jadi ketagihan nih. Ternyata taman ini sangat menyenangkan yah. Pemandangan disini bagus banget, penuh tanaman, pohon yang gede-gede membuat suasana jalan pagi di sini sangatlah nyaman karena ga panas juga. Cahaya matahari pagi yang menembus di sela-sela pohon dan daun merupakan pemandangan yang sangat indah. Sayangnya di salah satu sisi taman itu agak gersang karena baru dibenerin dan belum tumbuh rumput. Tapi tetep aja menarik.

Oya selain keindahan tamannya saya juga merasakan ada sesuatu yang juga menarik di Taman ini, yaitu suasana keakraban. Jadi setelah saya beberapa kali jalan pagi di sini, saya perhatikan koq orang-orang yang jalan di sini seperti kebanyakan saling mengenal yah…. Hehehehe… Oh mungkin karena orang yang olahraga disitu mah itu-itu itu aja. Seperti ada sekumpulan opa-opa dan oma-oma yang tiap pagi pasti olahraga di sini. Kemudian ada beberapa pasang anak muda yang pacaran di bangku-bangku. Ada juga kumpulan ibu-ibu muda yang hobi bergosip sambil olahraga. Tapi karena orangnya itu-itu aja dan taman itu tidak begitu luas maka otomatis selalu bertemu yang akhirnya menimbulkan aura keakraban itu. Hehehe sangat menyenangkan…..

Di salah satu tempat di taman itu ada orang yang berjualan makanan, dia menggelar aja makanan diatas tikar. Nah yang lucunya dia menjual makanan-makanan sehat jadi minimal orang yang udah cape berolahraga bisa minum atau makan tapi tetep dengan menu sehat seperti buah pisang, atau pisang rebus, sayur pecel, susu kedele. Hehehehe orang ini bener-bener bisa membaca peluang.

Setelah cape jalan biasanya gua duduk dibangku-bangkunya sambil minum susu kedele makan pisang rebus dan melihat orang-orang yang berolahraga. Gua sering mikir, hmmmm mungkin seperti ini situasi Bandung tempo doeloe yah…. Bandung yang dingin, angin sepoi-sepoi penuh pohon yang rindang, tidak hiruk pikuk, dan taman kota yang bagus. Kadang terpikir untuk mencicipi hidup di jaman itu…. Tapi buru-buru pikiran itu gua hapus dari otak… Ya ya ya kota yang indah, taman yang bagus, tidak ada kemacetan emang menarik tapi tetep lebih menarik internet, twitter, tv kabel, mall, hahahahaha…

Saya hidup di jaman sekarang dengan segala baik buruknya, biarkan masa lalu menjadi cerita lama yang dikenang dan sesekali kita toleh untuk menjadi bahan pelajaran bagi kita. Dan dengan selalu mengingat kalo foto dan sejarah hanya merekam sejumlah kecil dari seluruh kenyataan yang ada. Dan kenyataannya sekarang, Taman Lansia ini menjadi salah satu bagian kota seperti tempo doeloe yang menyenangkan.

Comments

  1. kota2 besar butuh ruang terbuka publik yg menyenangkan begini nih. jgn mol lagi, mol lagi :(

    ReplyDelete
  2. asyik jalan2 di taman... sayang sangat sedikit di kota2 besar :)

    ReplyDelete
  3. Lebih pada suka ke CFD daripada ke taman kayanya

    ReplyDelete
  4. Iya taman2 sekarang kurang terawat...makanya taman lansia mah lumayan lahh......

    ReplyDelete
  5. Iya taman2 sekarang kurang terawat...makanya taman lansia mah lumayan lahh......

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Keajaiban

Blood For Flood