Sepenggal Cerita di Balik Koil Akustik Recital



Kenapa gua bilang sepenggal, hehehe soalnya gua banyak lupa sebenernya ada apa aja yahhh....
Hmmm dimulai dr mana yahhh cerita ini?

Oya sebelumnya saya peringatkan dulu buat yang membaca, cerita ini sudah pasti saya lebih-lebihkan alias dihiperbolakan.

Konser Akustik!!! itu bagai petir di siang bolong...hehehe yah kita dapet kabar dari temen-temen dari Aikon Creative. iya nih mas brewok Adhibrew dan Guriang Syarif dari Aikon Creative pengen buatin Koil konser akustik....waduhhh…  Mendengar kabar itu sebenernya antara senang dan garuk2 kepala... Masalahnya kita ga berpengalaman untuk bermain akustik. Hehehe mereka meyakinkan pas konser @koiltv taun lalu juga bisa tuh buat lagu akustik, cuma sekarang lebih banyakk... hehehe.

Setelah berembuk2 akhirnya kita setuju untuk melakukan konser itu, maka sejak Juni kalo ga salah,dimulailah persiapannya. Yang pertama-tama kita liat adalah masalah peralatan, ternyata kita ga punya gitar akustik... Waduhh....  Maka dimulailah perburuan alat-alat ,seperti biasa yang nyari si gila shoping alias Otong.

Oya pada awalnya rencana konser ini adalah di akhir Juni. Peburuan berikutnya adalah mencari tempat latihan, ini agak susah soalnya kita musti mencari studio yang bisa disewa kira-kira 1 bulan.  Setelah keliling-keliling mencari studio, akhirnya kita dapet studio di jalan Gatot Subroto, tapi dengan kondisi ga ada peralatan.  Jadi yang ada cuma speaker doang, karena semua peralatan studio sedang dipake oleh mas Pepeng ST12 yang rekaman di studio sebelah. Yah tapi lumayan lah yang penting kita ada tempat yang bisa kita pake latian dan naro alat tanpa ada yang menganggu.

Setelah masalah studio beres maka dimulailah proses latihan, dan Mr. Doni  sebagai pembuat lagu dan pengaransemen merasa perlu ada unsur string dan piano dalam aransemen akustik ini. Hmmm nyari dimana yah pemain string dan piano? Untuk pemain piano, sebenernya udah ada calonnya yaitu mbak cantik Diva. Dia sempet membantu Koil waktu konser taun lalu di Sabuga, tapi entah kenapa doi tidak pernah bisa dihubungi.

Untuk nyari pemaen string dan piano akhirnya kita nyari ke sekolah-sekolah musik,nempel pengumuman di kampus-kampus, nyari via twitter… Setelah lama mencari akhirnya secara ga sengaja gua ketemu dengan pemain kibord gua waktu masih SMA dulu. Ternyata dia guru piano di salah satu tempat kursus musik dan dia punya temen grup string yg isinya pemain biola dan kontra bass. Wah kebetulan banget nih.. Kita sempet latihan bareng sekali tapi berhubung jadwal mereka sangat padat, akhirnya gagal lagi.

Sebagai info aja, ternyata pemain string atau orkestra disini tuh sangat sedikit,alias kalo gua tanya kemana-mana orang-orang yang bakal direkomendasikan adalah yang itu-itu lagi.. Pantesan jadwal mereka padet sekali yah. Hehehe mereka ini bener-bener pemain musik sejati nih... Hihihiih bukan kayak kita pemain musik abal-abal.

Yah pokoke begitulah, dengan jadwal mereka yang padet dan muncul juga berita bahwa konser ini diundur, akhirnya gagal kerjasama ama mereka... Semoga lain kali kita bisa berkesempatan main bareng yah.
Ternyata gosip konser yang diundur itu bener, tapi gapapa lah lumayan jadi kita bisa ada waktu latian lebih lama. Sekalian mencari lagi pemain piano dan string lagi... Sangat deg-degan sebenernya soalnya waktu konser udah tambah deket. Kalo ga salah tadinya mau diundur ke 5 Juli sedangkan saat itu udah sekitar tanggal 20 Juni. Wah kita geber cari pemaen.

Ehh tiba-tiba aja di tengah kepanikan kita, si pemaen piano kita yg dulu, Diva tiba-tiba muncul. Langsung aja kita geret ke studio untuk latihan.... Hehehe bisa bernapas lega... Sekarang tinggal pemain string. Entah dapet wangsit darimana atau ngubek-ngubek kemana, akhirnya suatu malem Doni dateng ke studio membawa 2 orang cowo imut. Dua cowo ini mengaku sebagi pemain cello dan mengaku kuliah di UPI jurusan musik... Langsung saat itu juga kita tessss… Oya namanya Novi dan Dika. Ternyata permainan cello mereka memikat telinga Otong dan Doni. Akhirnya kita putuskan untuk memakai mereka. Untuk biola akhirnya kita putuskan tidak ada karena konon telinga Otong suka sakit kalo denger biola.

Setelah semua pemaen lengkap, ternyata kita dapet kabar kalo konser diundur lagi jadi tanggal 15 Juli. Setelah beberapa kali latihan dan kita udah hampir 90% siap, tiba-tiba ada berita konser akustik dengan sangat terpaksa diundur lagi. Pengunduran waktu ini jelas membuat kecewa yah… Karena sebenernya kita udah siap tempur. Tapi karena alasan yang kuat juga diberikan oleh pihak EO, makanya kita sepakati kalau konser ini bakal diadain setelah Lebaran. Nah berarti selama bulan puasa dan Lebaran anak @koiltv melupakan dulu latihan akustik dan tekun menjalankan bulan Ramadhan.

Cerita ini berarti langsung loncat ke akhir bulan September. Di akhir bulan September mas brewok Adhibrew dari Aikon Creative membawa kabar baik kalo sudah 100% Koil akustik tanggal 20 Oktober. Maka sejak tgl 1 Oktober kita mulai lagi masuk ke studio untuk menginget-inget lagi bahan yang sudah dilatih beberapa bulan lalu. Semua pemain lengkap, alat juga udah lengkap, tanggal pasti, hahh udahh aman nih.....

Tiba-tiba aja Otong tumbang.

Tiba-tiba aja doi sakit dan yang paling hebatnya suaranya hilang... Hehehehe kacow pisan masa pokalis ga ada suara. Jadi latihan-latihan akustik dimulai tanpa Otong ikut latian, gua juga ga pernah ketemu, kononnya mendekam terus di kamar.

Gua kira sakit biasa aja, tapi yang sangat bikin takut adalah Otong berenti ngetwit, perasaan dia ga bisa lepas dari twitter. Gua baru sadar ketika banyak sekali followernya yang nanya ke gua, koq @midiahn ga pernah nongol, kangen ama twit sintingnya.

Waduh berarti beneran sakit ini mah, langsung gua cek ternyata bener, doi ga bisa bangun. Langsung seret ke dokter untuk diobatin... Bingung juga nih padahal minggu depan ini ada jadwal manggung di Makasar dan Bandung. Sempet kepikiran untuk membatalkan manggung di Makasar, tapi ternyata kondisinya membaik akhirnya kita putuskan tetap main.

Gua juga ga tau Otong minum obat apa, tapi akhirnya suaranya bisa nongol waktu kita main di Makasar dan Bandung. Tapi ternyata setelah itu suaranya kembali menghilang.... :(

Waktu konser tinggal seminggu lagi. Langsung aja bawa ke dokter lagi, dokter THT yang konon paling hebat di Bandung, prakteknya depan taman lalu lintas. Pasiennya banyak banget, baru kebagian juga subuh... Nah oleh dokter dibilang Otong ga boleh bersuara sampe tgl 18 Oktober. Yang berarti H-2... Hihihihihih edan ini mah...

Latihan akustik tetep berlangsung walau ga ada pokalis. Sempet gua tanya ama Otong, “Kira-kira yu bisa konser ga?”. Dia jawabnya pake ngetik di ipad, soalnya ga bisa ngomong. Kalo pada saat konser doi bilang kayak orang bisu, emang itu beneran terjadi. Jadi kita ngobrol, dia jawabnya pake ketikan.

Dan jawabannya : Ga Yakin.”

Hahahah gila ini mah... Itu tuh H-5. Kasak kusuk lagi cari pengobatan alternatip, akhirnya dibawa ke tukang pijet yang konon jago. Tanggal 18 Oktober adalah hari terakhir kita latian, dan untuk pertama kalinya Otong dateng latian… Hehehe tetep dengan suara serak. Dia cuma nyanyi 3 lagu dan menstop latihan karena sudah waktunya kita loading alat ke Eldorado.

Sampe malam itu sebenernya gua, Doni, Adam ga yakin kalo Otong bisa nyanyi pas konser. Jadi sebenernya disiapkan plan B yaitu semua lagu dinyanyikan Doni dan Adam.

Proses loading alat ke Venue itu sampe sekitar jam 4 pagi... Hehehe ternyata alat-alat kita ternyata sangat banyak. Tanggal 19 nya kita ceksound mulai jam 7 malam dan Otong mulai bernyanyi... Hehehehehe.... Thanks God suaranya adaaaaa.. Walaupun masih serak tapi suaranya sudah bernada hehehehehe….. Mungkin saking senangnya karena suaranya muncul atau pengaruh vodka, si Otong mulai geje dengan nyanyi-nyanyi lagu U2.

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu datang juga KOIL AKUSTIK RECITAL.

Koil Akustik Recital.
Foto oleh Azthra Al


Konser dimulai sekitar jam 20.15. Dimulai dengan lagu Nyanyikan Lagu Perang, kemudian Sistem Kepemilikan”, seterusnya gua lupa hehehehe… Akhirnya konser ini ditutup dengan lagu Kenyataan Dalam Dunia Fantasi, berarti kita bawain 15 lagu.

Sebenernya kita pengen bawain lebih, tapi tampaknya Otong sudah tidak sanggup lagi menyanyi. Untuk memuaskan penonton akhirnya kita putuskan untuk turun ke penonton dan melakukan sesi foto bareng di area penonton.. Hehehehe... Rame banget… Petugas keamanan lumayan repot nih menghadapi fans Koil yang pengen foto bareng. Banyak kejadian lucu di sini. Ini ending yang sangat menyenangkan berkumpul, foto bareng ama fans sesuatuu banget :)  Yang gua inget ada foto bareng @iburanger.

Akhirnya semua beres penonton pulang, yang bersisa adalah para fans Koil yang masih berfoto bareng di backstage. Cape dan lemes sekali hari itu, tapi akhirnya semua kerja keras dari beberapa bulan lalu beres juga

Mungkin dari penonton ada yang ga puas dengan penampilan Koil malam itu… Tapi melihat semua usaha untuk ngejadiin konser ini dan semua hambatan yang terjadi, gua rasa konser ini sangat suksess hehehehehe

Oya ini brengsekkk sekali nihhh… Masa pas gua ke depan atau nama gua dipanggil, pasti dibarengin teriakan menu-menu Legoh. Ayam rica lah, nasi goreng hitamlah, bacukkk… Yu kira gua tukang masak apaaa….

Selamat juga buat yang dapat gitar berbuah blekberiii... Pantesan siang sebelum manggung gua liat belanjaan handphone. Buat para BAKO thanks udah datang, juga tentara Koil yang udah pada datang juga dan semua fans yang udah nonton

Pas mau cabut dari venue, gua ga tega liat tumpukan peralatan Koil yang superbanyak dan menunggu dimasukan ke mobil. Tengkiu buat pada kru Koil yang udah begadang 3 hari untuk nyiapin semua peralatan kita. Oya tengkiu buat semua anakbuahku RM Legoh dan kru GodIncorporated yang udah nongton para bosnya melawak.

Ini nihhh yang membuat tata panggung yang super gothic keren kemaren Mr. Lucky. Nah ini si pembuat kosteum yg kita pake kemaren Mr. Adiw
.
Berhubung gua ngantukk... Gua sudahi dulu yahh... Masih banyak cerita lucuunya…. Kapan-kapan gua lanjut lagi yahh... Gut naitt.

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Asik di Bandung : TAMAN LANSIA

Keajaiban