Mulut Ke Mulut



“Promosi adalah salah satu ujung tombak dari suatu usaha untuk maju”.
Gua lupa pernah baca kalimat ini dimana… Hmm yah emang bener kita punya barang yang dijual tapi ga ada orang yang tau… Jadi siapa yang beli dong. Hehehehe…. Nah tapi promo macam apa yang tepat bagi jualan kita? Hmm ini nih yang musti diteliti lagi.. Kali ini gua mau bercerita tentang usaha  promosi yang gua lakukan di RM LEGOH.

Selama hampir beberapa taun RM LEGOH berdiri gua berpegang pada prinsip promo yang paling kuno. Hmm mungkin yah… Gua ga pernah juga belajar tentang ilmu marketing. Yaitu promo yang paling baik adalah promo dari mulut ke mulut… Hehehe yah ini kan cara yang sangat klasik. Kita menyajikan makanan yang terbaik dan berharap orang yang mencobanya akan berkata kepada temannya. Kemudian temannya penasaran mencoba dan datang, kemudian kalo dia merasa cocok dia akan berkata lagi kepada teman-temannya. Dan begitu seterusnya bertambah banyak. Kenapa gua senang dengan cara ini, yah karena menurut pengalaman, kita akan lebih percaya kepada omongan teman kita sendiri daripada yang lain. Coba aja? Pasti kamu punya pengalaman seperti ini. Kalau ada temen yang bilang kalo makanan disitu enak, pasti kita lebih tertarik untuk mencobanya daripada hanya kalo baca di majalah , atau denger di radio dan lain lain.

Nah tapi cara klasik ini ga bisa kita telan bulet2 aja. Berharap orang dateng untuk kemudian bercerita kepada yang lain bukanlah pilihan, tetep aja kita musti cari cara gimana caranya menarik  orang yang dateng dan mencoba.  Salah satu keberuntungan gua adalah banyak acara televisi yang meliput rumah makan gua. Dengan adanya liputan ini membuat nama Legoh lebih dikenal.. Tapi kenapa mereka sampai meliput yah? Tau dari mana? Seringnya adalah buah bantuan temen2 saya yang kerja di bidang televisi… Yah dari mulut ke mulut lagi.

Banyak dari orang yang bekerja di dunia media adalah orang-orang yang suka dengan band gua KOIL atau seneng dengan produk clothing kita GOD Incorporated. Begitu tau kalo gua punya rumah makan , mereka juga sering merekomendasikan kepada yang bertugas liputan kuliner  Hehehehe balik lagi yah dari mulut ke mulut… Oya  gua jg pernah nanya nih sama salah satu kru Wisata Kuliner Pak Bondan yang pernah meliput ke Legoh, koq bisa2nya mampir meliput kemari. Yah sebagai info aja rumah makan saya cuma sebuah rumah makan kecil yang bahkan tidak berplang nama.. Nah jawabannya lumayan lucu juga. Salah satu teman dari kru wiskul sering makan disini hehehehe…. Jadi pas mau ada liputan ke Bandung, temannya si kru ini merekomendasikan tempat gua… Hehehe… sesimple itu… Balik lagi yahhh info dari mulut ke mulut… Hahahahaha like thissss!!!!

Tapi dari semua itu ada faktor yang sangat penting dari promosi mulut ke mulut ini, yaitu produk yang kita jual haruslah kuat alias baik atau enak atau indah… Karena yang kita andalkan adalah rekomendasi orang, dan rekomendasi itu bisa baik apa buruk. Gua bukan tipe orang yang suka mendengar para motivator ulung bercuap-cuap, tapi pernah satu kali gua pernah terpana mendengar ucapan salah satu quotes dari seorang motivator beken yaitu “Ketika satu orang senang dengan sesuatu hal dia akan bercerita kepada 10 orang. Tetapi ketika dia tidak suka ama sesuatu hal dia akan bercerita kepada 20 orang”. Intinya orang lebih seneng ngomongin atau menggosip tentang sesuatu yang buruk daripada yang bagus.

Jadi walaupun promo dari mulut ke mulut sangatlah berarti, tapi bisa juga ga berarti apa –apa  atau bahkan bisa jadi bumerang ketika produk yang kita jual ternyata melenceng jauh dari yang diucapkan.

Makanya gua selalu berusaha untuk menjaga kualitas makanan, servis kepada tamu dan selalu berharap tamu akan memberikan rekomendasi yang baik tidak hanya ke 10 orang, mungkin 20, mungkin 30, mungkin 1000… Hehehehe siapa tauu aja… Dari mereka ada 1 orang yang akhirnya dateng dan mencoba.

Terimakasih buat semua orang yang sudah menggosippp mulut ke mulut tentang Rumah Makan Legoh semoga suatu saat gua bisa membalas jasa kalian … :) :) :)

Comments

Popular posts from this blog

Tempat Asik di Bandung : TAMAN LANSIA

Sepenggal Cerita di Balik Koil Akustik Recital

Keajaiban