Makanan Setahun Sekali

Ada satu momen yang selalu gua tunggu tiap tahunnya. Hmmm mau tau ga ?
Yaitu Natal. Hehehe yah ini momen yang sangat penting nih. Eh tapi bukan dari arti Natal atau dari segi agama yah... Hehehehe..... Yang selalu gua tunggu adalah makanannya, hehehehehe. Jadi saat Natal pasti di rumah gua menyajikan makanan khusus. Nahhh ini nihh yang selalu gua tunggu-tunggu dan pengen gua ceritain di sini nih.

Berhubung keluarga gua datang dari Manado - Sulawesi Utara, jadi makanan spesial yang ada di saat hari Natal adalah makanan khas Manado. Gua punya cerita lucu nih tentang hal ini. Sejak kecil gua udah terbiasa kalo natalan pasti makanannya seperti itu. Suatu hari, gua natalan ke rumah temen gua. Pas disuruh makan.... hehehe. Gua jadi ketawa sendiri, 'aneh ini mah masa pas natalan gini kita disuguhinnya Gudeg, sambel krecek'... Hmmm dalam hati gua bertanya-tanya, 'ngapain juga yah masak gudeg?' Tapi setelah lama gua pikir-pikir... Huuuuuuuuu... Ini mah gua yang goblok. Yah gua berkunjung ke rumah orang Jawa. Jadi kalo yang mereka sajikan makanan jawa, ya emang gitu kali hihihihiiihih...

Ya ya ya, gua udah sangat terbiasa dengan natalan di rumah, di mana menunya pasti makanan Manado. Jadi kalo bukan makanan Manado seperti bukan Natalan hihihihiii.......
Bahkan saking gua udah kebiasaan dengan menu Natal di rumah gua, sampai-sampai gua sering menolak menu ini kalo ada di hari biasa (bukan Natal). Rasanya kurang gimana gitu.... Hahahahaha.... Mungkin seperti mengkhianati hahahaha.... Aneh juga yahh.
Nah kalo pada pengen tau menunya, nih sekarang gua jelasin :


1. Nasi Jaha

Ini yang namanya Nasi Jaha
Ini nih cara masaknya, nasinya dibakar dalam bambu
Ini semacem campuran beras biasa dan beras ketan yang dimasak pake bumbu-bumbu dan santan, kemudian dimasak setengah matang, lalu dimasukan dalam bambu dan dibakar. Bentuknya seperti lemangnya orang Padang, tapi lebih berbumbu menurut gua. Yang lucunya juga yaitu pas saat disajikan pasti orang orang akan berebut mencari potongan nasi jaha yang paling bawah, karena itu bagian yang terenak. Kenapa enak, yah karena kan pas masukin nasi plus bumbu ke bambu, otomatis bagian paling bawah yang paling banyak kena bumbu... Pas dibakar juga kan posisinya berdiri. Jadi yah bumbunya pasti turun ke bawah. Hehehehe.... Nah nasi jaha ini biasa dimakan sendiri atau plus lauk pauk. Enakkkk banget dah pokokee....


2. Ayam Masak di Bulu


Gua ga tau bener atau tidaknya nama ini.... Tapi biasanya kita nyebutnya seperti ini. Bulu yang dimaksud disini artinya bambu. Jadi ayam dimasak dalam bambu dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, jahe, sereh, bawang daun, kemangi (bumbu-bumbu ini adalah bumbu standard dalam masakan Manado). Rasanya asin pedas gitu.


3. Tinorangsak


Nah kalo yang ini dibuat dari daging babi.... Bumbunya mirip mirip seperti ayam tadi. Biasanya juga suka dicampur darah, tapi akhir-akhir ini mah jarang yang buat dicampur darah. Tinorangsak ini bisa dimasak di bambu atau masak biasa aja di katel.


4. Saut


Kalo yang ini semacem sayuran dibuat dari pelepah pisang yang diiris tipis-tipis, kemudian dengan bumbu-bumbu standard seperti yang gua sebutin di atas. Dan biasanya dicampur dengan daging ayam atau babi. Hmmm aneh juga sih menu ini, koq sampe pelepah pisang juga dimakan yah...tapi beneran enak loh...


5. Pangi


Sayur ini dibuat dari pohon klewek... eh tau klewek kan? Klewek itu lebih beken bijinya, yaitu suka dibuat rawon. Nah pangi itu dibuat dari daun mudanya pohon klewek. Biasanya diiris tipis-tipis sekali, dibumbuin seperti masakan-masakan di atas. Oya biasanya ditambahin juga ama babi, atau ayam atau ikan. Nah kemudian dimasak dalam bambu.

Nah inilah sebagian masakan masakan yang harus ada di saat Natal tiba. Hmmmmmm..... Mantaps dahh.
Yah, Natal merupakan momen berkumpul dengan keluarga dan teman plus makanan spesial. Bagi gua ini sesuatu yang istimewa dan eksklusif sehingga gua ga mau membagi perasaan Natal ini untuk dinikmati kalo bukan pada hari Natal, walaupun hanya dari makanannya. Heheheheh terlihat konyol tapi itu kenyataannya, hmmmm mungkin ini yang disebut tradisi bagi gua.

Comments

  1. wow nyam nyam... enak semua , jadi pengen buka puasa jam segini

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tempat Asik di Bandung : TAMAN LANSIA

Sepenggal Cerita di Balik Koil Akustik Recital

Keajaiban